Thursday, February 19, 2015

Feel the Adventure of a Trip from the West to the East! (1)

Pada saat liburan tahun baru 2015, saya bersama keluarga pergi dalam sebuah perjalanan dari Tangerang, Banten ke Malang, Jawa Timur. Perjalanan kami mulai pada tanggal 2 Januari 2015 dan berakhir 9 Januari 2015. Tujuan utama kami pergi ke Kota Malang adalah untuk melihat keindahan sunrise di Gunung Bromo.

Rute yang kami pergunakan adalah Tangerang-Semarang (via Pantura), Semarang-Malang (via Kediri), Malang-Jogjakarta (via Wonogiri), Jogjakarta-Kuningan (via Semarang), Kuningan-Jakarta (via Pantura). Dan mobil yang kami gunakan adalah berjenis SUV, All new Nissan X-Trail 2.0L MT.

Perjalanan hari pertama dimulai pada pukul 02:00 hingga pukul 12:00 dengan rute Tangerang-Semarang, dan menginap di Semarang selama 1 hari untuk beristirahat sebelum memulai "the real adventure" karena perjalanan dari Semarang-Kota Batu (Malang) adalah sebuah perjalanan yang berat.

Di hari kedua kami memulai hari dengan berbelanja oleh-oleh khas Kota Semarang dan kemudian melanjutkan dengan "perjalanan yang membunuh". Mengapa demikian? Ini disebabkan karena kami akan menghadapi beberapa medan jalan : jalan berliku, jalan kota yang macet, dan merupakan suatu jalan yang asing bagi kami karena ini pertama kalinya kami pergi ke ujung Pulau Jawa menggunakan mobil. Perjalanan ini menghabiskan waktu yang sangat panjang dan diluar perkiraan. Menghabiskan sampai dengan 13 jam, berangkat pukul 9:00 dan tiba di Kota Batu pukul 22:00. Ini juga disebabkan oleh kemacetan yang kami hadapi di Solo, dan itu membuang waktu kami sekitar 1 jam. Di hari inilah hawa petualangan terasa untuk mobil kami dan kami yang berada di dalam mobil.

Untuk mengistirahatkan mobil yang telah berjalan sekitar 1000 km, maka di hari ketiga ini kami hanya bermain di Jatim Park 2 saja, dimana hotel kami terletak disana. Bermain, melihat satwa unik dan langka di Batu Secret Zoo, melihat rangka-rangka hewan dan kejadian-kejadian hewan di Museum Satwa. Oh ya dan rasanya kurang lengkap apabila kita tiba di Kota Batu dan tidak mencicipi atau memetik Apel Malang. Memang ukuran apel ini tidak sebesar Apel Fuji atau Apel Washington yang dijual di supermarket, tetapi rasanya cukup manis. Kata guidenya "Pilih yang warna hijau, karena kalau agak merah rasanya lebih masam." Itulah Apel Malang.

Hari tetap berjalan, dan cita-cita utama kami untuk pergi ke Malang telah tiba. Angin petualangan membawa kami ke Gunung Bromo. Dijemput pada pukul 00:00 menggunakan Jeep jenis Chevrolet Trooper 4WD. X-Trail terpaksa kami tinggalkan di pelataran hotel dikarenakan mobil masih baru dan kami juga tidak tahu medan menuju Bromo. Ternyata medannya sangat buruk. Jalan mendaki curam membentuk sudut 45 derajat. Melihat sang supir membawa mobil tersebut di medan tersebut, disitulah kami sekali lagi merasakan petualangan. Digoyang sekitar 40 menit menuju Bromo Sunrise Viewpoint, akhirnya kami tiba. Mengenai sunrise, tidak sesuai harapan. Kami sempat melihat matahari malu-malu menunjukkan dirinya, tetapi kemudian kabut menutupinya. Untungnya hari tersebut tidak hujan yang membuat kami bisa melihat kawah dari Gunung Bromo. Kawah ini sangat bagus, tetapi seram. Terlihat sangat gelap, dalam, dan panas karena asapnya yang mengepul. Seperti suatu lubang yang menghubungkan kita ke perut bumi! Setelah itu melanjutkan perjalanan ke Pasir Berbisik yang merupakan suatu padang pasir yang jika ada angin, pasirnya bersuara seperti bisikan. Bukit Teletubies adalah perhentian berikut kami. Itu seperti sebuah bukit, bewarna hijau, layaknya bukit di serial kartun anak yang terkenal, Teletubies. Keluar dari Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru, kami mengunjungi Coban Pelangi. Untuk mencapainya cukup sulit karena anda harus berjalan sekitar 1 km untuk menikmati pemandangan air terjun ini. Air terjun ini cukup indah, dan air yang mengalir sangat deras. Memiliki ketinggian sampai 35 meter! Itu adalah akhir dari perjalanan kami di hari ini.

Untuk perjalanan hari ke-5 sampai hari ke-8 akan dilanjutkan dalam postingan berikutnya. Tunggu kehadirannya segera!